Penyebab Virus Hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati atau liver yang akan membuat fungsi organ tersebut menjadi terganggu atau bahkan menjadi tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Padahal kita tahu bahwa fungsi dari hati adalah menetralisisr racun yang masuk kedalam tubuh kita. Selain itu hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita yang berfungsi mensekresikan bahan untuk proses pencernaan. Jika fungsi hati sudah tidak normal lagi gara-gara terkena penyakit hepatitis maka akan sangat membahayakn bagi kesehatan.

Penyakit hepatitis dapat menyerang manusia tanpa pandang usia dari mulai bayi hingga lenjut usia. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa sekitar 25 % dari anak yang teridentifikasi penyakit hepatitis kronis dapat berkembang menjadi kondisi yang sangat menakutkan yaitu terjadinya kerusakan pada organ hati dan pengerutan hati atau yang dalam dunia medis dinamakan sirosis. Sedangkan apda manusia dewasa prosentasenya lebih kecil yaitu 15%.

Gejala yang ditimbulkan Penyakit Hepatitis:

  • Kelelahan
  • Kehilangan selera makan
  • Nyeri otot dan nyeri
  • Mual dan muntah
  • Demam ringan
  • Air kencing berwarna gelap
  • Kulit yang gatal
  • Sakit perut
  • Gejala pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Kotoran BAB yang berwarna terang atau mirip tanah liat
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice), karena meningkatnya kadar bilirubin

Penyebab Penyakit Hepatitis

  1. Berbagai barang pribadi

Penyebab hepatitis yang menyebabkan infeksi virus bisa dialami karena di sebabkan oleh benda. Karena penularan penyakit hepatitis bisa dari benda, penyebab hepatitis yang di dari penggunaan barang barang pribadi bisa dari benda seperti alat cukur, jarum suntik, handuk, sikat gigi dan barang lain yang harus nya di gunakan sendiri.

Jika di gunakan bersamaan dengan orang lain dan menderita penyakit hepatitis maka akan menyebabkan penyakit hepatitis terjadi maka dari itu penyebab hepatitis bisa dari benda. Sebaik nya jika menggunakan barang pribadi di simpang dengan baik agar orang lain tidak menggunakan nya juga. Karena bukan hanya penyakit hepatitis saja, tetapi penyakit lain nya pun bisa menyebabkan penyakit hepatitis.

  1. Hubungan seksual

Penyebab hepatitis juga bisa di sebabkan oleh hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi oleh virus juga. Karena penularan virus dari hubungan seksual bisa lebih cepat di bandingkan lain nya. Maka dari itu berhubungan seksual dengan pasangan yang telah diketahui kondisi kesehatan nya sehingga tidak akan menularkan berbagai penyakit. Karena bukan hanya menjadi penyebab hepatitis saja, penyakit kelamin yang menular pun bisa juga di sebabkan dengan berhubungan seksual juga.

  1. Makan makanan kotor

Virus penyakit hepatitis bisa juga ada pada makanan atau pun di minuman, sehingga jika masuk ke dalam tubuh makanan atau pun minuman yang terdapat virus di dalam nya maka akan menyebabkan penyakit hepatitis. Penyebab hepatitis dari makanan dan minuman yang kurang bersih sudah cukup sering dialami, dan banyak penderita nya. Oleh sebab itu sebaik nya makan makanan yang di buat di rumah sendiri, dan juga tidak mengkonsumsi makan makanan yang mentah, air mentah pun juga sebaik nya juga jangan di konsumsi.

  1. Alkohol

Penyebab hepatitis pun bukan hanya dari air yang tecemar oleh virus saja, tetapi juga bisa di sebabkan dari minuman beralkohol. Minuman yang mengandung alkohol jika di konsumsi akan merusak hati atau akan menyebabkan penyakit hepatitis juga.

  1. Berkontak langsung

Melakukan kontak langsung oleh penderita penyakit hepatitis akan menjadi penyebab hepatitis juga. Terlebih jika berkontak langsung dalam keadaan kondisi tubuh yang lemah maka akan menyebabkan infeksi virus lebih mudah dan lebih cepat juga. Maka dari itu jika ada orang yang menderita penyakit hepatitis sebaik nya menjaga jarak.

  1. Obat obatan terlarang

Penggunaan obat obatan terlarang bisa menjadi penyebab penyakit hepatitis. Terlebih jika penggunaan obat obatan dengan media jarum suntik yang di gunakan secara bersama sama maka akan sangat mudah untuk terkena penyakit hepatitis.

  1. Virus

Penyebab penyakit hepatitis juga merupakan dari infeksi virus yang akan menyerang bagian hati, sehingga merusak hati dan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit hepatitis. Dan mengganggu metabolisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *