Penyakit Maag Dan Sesak Napas Apakah Berhubungan?
in Penyakit Maag

Penyakit Maag Dan Sesak Napas Apakah Berhubungan?

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang dinding lambung, dimana dinding lambung mengalami infeksi, peradangna atau adanya borok pada dinding lambung yang disebabkan oleh pola makan yang buruk dan beberapa faktor penyebab lainnya.

Seperti terlalu banyak mengkonsumsi obat antiinflamasi kimia, terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan alkohol, sering stres dan penyebab paling umum yaitu disebabkan oleh virus dan bakteri Helicobacter pylori.

Penyakit maag juga bisa menyebabkan seseorang terkena sesak nafas, hal itu disebabkan oleh masalah yang ada di lambungnya. Tidak hanya itu saja, refluks asam atau naiknya asam lambung ke tenggorokan menjadikan seseorang menjadi sesak nafas.

Asam lambung seharusnya berada di lambung, saat asam lambung naik di tempat yang tidak semestinya maka asam lambung itu membuat gangguan kesehatan tubuh salah satunya adalah sesak nafas. Penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju ke lambung disebut dengan GERD atau gastroesofagal refluks.

Jika tidak segera diatasi penyakit itu akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Agar tidak mengganggu kualitas hidup penderita GERD, penderita sebaiknya mencari tahu obat sesak nafas atau obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit GERD yang muncul.

Jika GERD bisa diatasi maka sesak nafas akibat GERD pun bisa juga diatasi, berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan GERD oleh penderita GERD saat GERD nya kambuh dan sesak nafas muncul:

  1. Teh Celup Hangat

Obat sesak nafas karena maag kronis dan GERD yang pertama dan bisa anda coba adalah menggunakan teh celup hangat. Penderita harus membuatnya dalam bentuk yang encer jangan yang kental. Alasannya adalah teh yang kental justru menjadi pantangan bagi penderita asam lambung dikarenakan teh yang kental justru bisa melukai lambung sama halnya dengan kopi.

Oleh sebab itu cara membuatnya sangat encer. Berikut ini adalah cara membuat teh yang encer untuk mengatasi sesak nafas karena maag:

– Celupkan satu kantong teh celup di segelas air yang mendidih.

– Setelah dibiarkan selama dua menit, celupkan kembali ke gelas yang berisi air yang mendidih sehingga warnanya sudah memudar.

– Setelah itu berikan satu sendok kecil gula agar rasa semakin sedap. Yang harus diingat disini adalah gula yang bisa dicampurka adalah gula yang aman untuk lambung. Jangan pernah mengkonsumsi gula pasir yang tidak aman untuk lambung.

  1. Melonggarkan Semua Pakaian

Saat sesak nafas muncul, akibat asam lambung maupun asma penderitanya akan disuruh untuk melonggarkan semua pakaian yang mengkat kencang di dalam tubuhnya. Semua hal yang mengikat itu akan menjadikan sesak nafas semakin berat. Perasaan tertekan akan membuat saluran nafas semakin sempit dan kembang kempis, oleh sebab itu ada baiknya semua yang ketat dan mengikat dilonggarkan.

Yang bisa dilonggarkan untuk laki laki adalah celana panjang dan juga ikat pinggang, sedangkan untuk perempuan yang bisa dilonggarkan adalah pakaian dalam, rok, celana panjang dan lain sebagainya.

  1. Hangatkan Badan

Cara yang bisa dilakukan untuk bisa digunakan sebagai obat sesak nafas karena maag adaah dengan menghangatkan tubuh. Tubuh yang penting dan harus dihangatkan saat sesak nafas datang adalah bagian dada dan juga punggung.

Bagian dada dan punggung memiliki syaraf yang berhubungan dengan saluran pernafasan sehingga jika dihangatkan, saluran pernafasan pun akan menjadi hangat pula. Anda bisa menghangatkan dada menggunakan balsam atau minyak kayu putih agar badan terasa hangat.

  1. Kompresan

Jika menghangatkan dada dan punggung menggunakan minyak kayu putih dan juga balsam saja tidak cukup ampuh untuk meredakan sesak nafas yang anda alami, cobalah untuk menggunakan kompresan botol yang berisi air panas. Anda juga bisa menggunakan karet yang berfungsi sebagai alat pengompres dan berisi dengan air panas.

Jika menggunakan botol berisi air panas anda bisa mengguling gulingkan botol itu di bagian dada dan juga di bagian punggung, namun jika menggunakan karet pemanas anda bisa menaruhnya di bagian punggung anda kemudian diganti ke bagian dada anda.

  1. Kacang Almond

Obat alami sesak nafas karena maag yang bisa anda coba di rumah adalah dengan mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan dan untuk kecantikan.

Di dalam kacang almond banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineralnya sehingga dengan mengkonsumsinya saat mentah bisa digunakan untuk mengatasi sesak nafas saat GERD dan maag kronis kambuh. Cara kerja almond ini untuk menghilangkan sesak nafas pada maag kronis dan GERD adalah dengan menyeimbangkan ph di dalam tubuh sehingga sesak nafas bisa segera hilang.

  1. Soda Kue

Pernahkah anda melihat soda kue? Jika iya maka anda menemukan obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sesak nafas ketika maag kronis kambuh. Selama ini soda kue atau baking soda banyak digunakan untuk memutihkan gigi dan juga untuk kecantikan lainnya.

Agar bisa menghilangkan sesak nafas akibat maag kronis yang anda alami, anda bisa meminum satu sendok makan soda kue atau baking soda yang telah dicmpurkan dengan setengah gelas air. Minum cukup satu kali dalam sehari saja. Penggunaan baking soda ini tidak boleh berlebihan sebab ada beberapa bahaya baking soda untuk kesehatan jika digunakan secara berlebihan.