Penyakit Maag Dan Penyebab Nya Yaitu …
in Penyakit Maag

Penyakit Maag Dan Penyebab Nya Yaitu …

Penyakit maag adalah suatu gangguan yang terjadi pada asam lambung dan biasanya akan menimbulkan rasa sakit disaat radang lambung menyerang atau lebih dikenal dengan maag atau tukak lambung. Gejala maag kambuh adalah sakit pada ulu hati dan disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan.

Sakit maag merupakan penyakit yang sering dia alami masyarakat indonesia, bahkan penyakit ini dianggap penyakit biasa saja. Padahal kalau penyakit ini di biarkan maka intensitas sakitnya akan terus meningkat hingga menyebabkan maag kronis.

Berikut adalah penyebab dari penyakit maag yang perlu diketahui:

  1. Faktor stress

Kondisi kejiwaan seseorang akan menjadi faktor penyebab maag karena dapat meningkatkan resiko produksi asam lambung berlebih. Hal ini harus dihindari dengan cara menjauhi pemicu stress sebagai obat maag yang efektif.

  1. Penyebab maag karena konsumsi alcohol dan soda.

Makanan dan minuman yang mengandung kadar alcohol dan soda bisa menjadi memicu maag kambuh.

  1. Penyebab maag karena kehamilan.

Pada kasus ibu hamil sering didapati gejala maag akibat faktor hormone saat kehamilan yang meningkat. Untuk mengatasi gejala maag saat hamil diperlukan konsultasi dengan doker dalam memilih jenis obat maag yang aman.

  1. Faktor makanan

Teratur dalam menjaga pola makan belum menjadi jaminan kita terbebas dari resiko penyakit maag karena jenis makanan yang kita konsumsi juga harus aman dan sehat untuk lambung. jenis makanan yang bersifat asam dan pedas dapat menjadi penyebab maag karena dapat mengiritasi lambung kita.

Untuk itu sebaiknya hindari jenis makanan makanan berbahaya tersebut untuk menangkal kerusakan lambung sekaligus sebagai terapi obat maag alami.

  1. Konsumsi kafein

Jenis kafein dalam kopi dapat meningkatkan resiko kenaikan asam lambung hingga ada baiknya penderita maag menghindari kafein untuk menghindari penyebab sakit maag kronis kambuh di usia muda dan tua.

  1. Beresiko pada perokok

Para perokok aktif memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit maag karena zat zat berbahaya dalam rokok dapat merusak jaringan lambung. Rokok juga akan dengan cepat menimbulkan reaksi batuk yang sebaiknya segera didiagnosa agar penggunaan obat batuk benar benar tepat.

  1. Karena pola makan yang kurang teratur

Penyebab maag sering ditimbulkan oleh ketidak teraturan seseorang dalam asupan makanan yang dikonsumsinya. Zat asam yang diproduksi oleh lambung berfungsi sebagai enzim yang membantu proses pencernaan dalam organ lambung.

Namun jika jadwal makan kita kurang teratur maka dapat bereaksi meningkatkan asam lambung berlebih yang secepatnya memerlukan obat maag untuk menetralisir kelebihan asam lambung secara efektif.

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai tanda-tanda penyakit maag. Berikut tanda-tanda dari penyakit maag:

  1. Air liur lebih banyak di produksi

Jika air liur yang di keluarkan banyak, maka itu pertanda bahwa sedang mengalami sesuatu hal yang buruk. Apabila terjadinya seperti ini lakukan tindakan yang tepat agar tidak menghasilkan air liur lebih banyak. Caranya yaitu kunyah permen karet yang cara ini juga merupakan sebagian dari cara mengatasi maag dengan mudah.

  1. Sendawa

Tanda-tanda penyakit maag adalah mengeluarkan sendawa atau berdahak dengan sering. Hal ini di alami oleh siapa saja, dari usia muda hingga tua. Tapi sering kali bersendawa sering di artikan sebagai ciri ciri penyakit masuk angin yang ingin menyerang tubuh. Dan ternyata penyakit maag juga bisa mengalaminya.

  1. Mual

Rasa mual yang di alami pada siapa pun, pasti ada masalah yang menimpa pada tubuh. Dan biasanya penyakit ini, jika ingin makan dan minum tidak bisa menerimanya yang nantinya akan di muntahkan kembali. Minumlah air hangat, karena itu salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan maag.

  1. Nyeri perut

Tanda-tanda penyakit maag adalah mengalami rasa nyeri di bagian perut. Penyakit ini sangat berbahaya dan mengandung resiko yang tinggi. Jadi perlu berhati-hati lagi akan hal ini dan bila ke nyeriannya tak kunjung sembuh, lakukan pengkonsultasian pada dokter terlebih dahulu, agar tidak di lanjuti dengan segera.

  1. Sakit sampai ke ulu hati

Merasakan sakit sampai ke ulu hati ini dapat terjadi bila kita mengalami penyakit maag. Penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi dan harus di obati dengan baik.

Jangan pernah membiarkan penyakit ini terlalu lama, karena bisa berefek buruk bagi kesehatan. Semua orang bisa mengalaminya, baik anak anak maupun orang dewasa.

  1. Muntah

Siapa pun pernah muntah, di mana di dalam isi perutnya yang terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan di keluarkan kembali dan di muntahkan. Tanda-tanda penyakit maag ini juga bisa mengalaminya, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Masalah seperti ini dapat diatasi dengan meminum air putih hangat atau beristirahat dengan cukup. Bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, otomatis akan mengalami kondisi yang telah di jelaskan di atas. Apabila kemuntahan yang terjadi secara terus menerus dan tak kunjung sembuh dapat mengkonsultasikan pada dokter yang nantinya di tangani dengan cara yang tepat.

Cara Mengobati Penyakit Maag

Jika Anda termasuk orang yang sudah lama atau baru saja mengalami gangguan maag, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit maag tersebut, berikut caranya:

– Meminum obat yang dianjurkan oleh dokter.

– Hindari perasaan depresi, stress dan gangguan psikologis lainnya.

– Jangan meminum mimunam yang bersoda, beralkohol serta mengandung kafein.

– Mengikuti diet khusus untuk penderita maag.

– Kurangi porsi makan Anda.

– Hindari makanan yang terlalu pedas, asin, dan asam.

– Istirahat yang cukup serta olahraga secara rutin.

– Makan secara teratur, yaitu pagi, siang, dan malam hari (sebelum jam 8 malam).

– Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan sesuai dengan kondisi Anda.