Penyakit Diabetes Pencegahan
in Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes Pencegahan

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguang sistem endokrin yang menyebabkan tingkat glukosa / gula dalam tubuh kita menjadi tidak normal (berlebih).

Semua itu terjadi karena jumlah insulin didalam darah tidak mencukupi ataupun sel – sel tubuh tidak memberikan respon terhadapinisulin, sehingga gula tidak dapat masuk kedalam sel – sel tubuh manusia dan tidak bisa digunakan oleh tubuh manusia untuk bekerja secara normal.

Menderita penyakit ini memang sangat menyiksa, karena dengan terkenanya penyakit ini kita sangat dibatasi dalam kegiatan sehari – hari, hingga dalam mengkonsumsi makanan pun kita sangat dibatasi.

Memang benar penyakit ini bisa menjadi penyakit turunan, tapi penyakit diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi / kita tidak bisa mengontrol makanan yang kita konsumsi.

Penyebab Penyakit Diabetes

Beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes  antara lain adalah:

– Mengalami gangguan bahaya obesitas (kelebihan berat badan),

– Faktor genetik atau keturunan,

– Pola makan yang tidak teratur,

– Penggunaan obat-obatan berbahan kimia,

– Kurang beristirahat dan berolahraga, dan

– Stress.

Tanda atau Ciri-Ciri Penderita Diabetes

Berikut ini tanda atau ciri-ciri orang yang menderita penyakit diabetes  yang meski anda ketahui dan waspadai karena jika terlalu lama di biarkan akan sangat berbahaya, Berikut tanda atau ciri-cirinya:

– Mulut terlihat kering,

– Timbulnya bau mulut pada nafas,

– Sering merasa lapar,

– Meningkatnya rasa haus,

– Penglihatan menjadi kabur,

– Timbulnya rasa pegal pada bagian otot,

– Badan menjadi mudah lemah, letih, dan lesu,

– Timbulnya luka pada bagian kulit yang sulit untuk mengering,

– Terjadi pembengkakan pada kaki,

– Kulit sering gatal-gatal,

– Mudah mengantuk,

– Berat badan yang terus menurun, dan

– Sakit kepala.

Cara mencegah diabetes

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu memang bisa menyebabkan diabetes. Namun sebenarnya mencegah diabetes adalah pilihan gaya hidup yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa langkah praktis untuk mencegah diabetes:

  1. Mencoba untuk mengendalikan berat badan.

Orang yang memiliki berat badan berlebihan akan menghadapi resiko terkena diabetes tipe 2. Kondisi ini lebih banyak disebabkan karena kebiasaan makan yang buruk.

  1. Cobalah untuk lebih sering melakukan olahraga.

Olahraga akan membantu tubuh bergerak lebih banyak. Otot dan sendi bisa bergerak dengan baik dan selain itu mendukung sistem metabolisme tubuh juga bergerak. Anda bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

  1. Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang manis.

Tubuh memang membutuhkan gula namun dalam jumlah yang terbatas dan sesuai dengan kebutuhan saja. Jika mengkonsumsi minuman manis menjadi kebiasaan maka bisa menyebabkan terjadi penumpukan gula dalam tubuh yang menyebabkan diabetes.

  1. Konsumsi Biji-bijian

Cobalah untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang terdiri dari biji-bijian yang sudah diolah. Biji-bijian membantu tubuh dalam memecah karbohidrat sehingga, menurunkan resiko diabetes.

  1. Makanan Kaya Serat

Mencoba untuk memasukkan berbagai jenis makanan kaya serat yang bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik. Serat akan membuat proses pemecahan karbohidrat dan lemak juga berjalan lebih lancar sehingga membantu mengurangi berat badan.

  1. Hindari rokok dan alkohol.

Bahaya alkohol dan rokok dapat menyebabkan peradangan karena zat kimia rokok dan alkohol yang bisa masuk ke dalam pembuluh darah.peradangan ini menghambat tubuh dalam produksi insulin sehingga tubuh mengalami kekurangan insulin. Selain itu, rokok dan alkohol akan menyebabkan kadar gula darah menjadi sangat tinggi.

Mencegah dengan cara lain

Berikut buah yang dapat anda konsumsi untuk mencegah maupun membantu proses penyembuhan diabetes:

  1. Buah Berry

– Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, blackberry, raspberry, cranberry, boysenberry serta blueberry memiliki kandungan lebih dari 85% air di dalamnya, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, serta membantu mengelola kadar gula dalam darah.

– Selain itu kandungan folat dan vitamin B dapat membantu menjaga kesuburan rambut serta dapat membantu mengatasi gannguan kardiovaskular.

– Dan antioksidan dalam buah berry dipercaya mampu mengobati sejenis penyakit arthristis, masalah penglihatan (seperti katarak), serta berkurangnya daya ingat terutama pada lansia.

  1. Pir

– Kandungan antosianin dan antioksidan dalam buah pir dapat membantu mengurangi resisttensi insulin pada penderita diabetes.

– Buah pir juga banyak memiliki kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membantu kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh.

  1. Pepaya

– Kadar glukosa dalam buah pepaya sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

– Antioksidan dalam buah ini mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh.

– Kandungan serat dalam buah ini juga dapat dijadikan acuan diet sehat bagi penderita diabetes.

  1. Melon

– Kandungan kalium pada buah melon dapat membantu menurunkan tekanan darah yang mengakibatkan resistensi insulin.

– Kandungan zat tembaga pada buah ini dapat membantu memperbaiki sel-sel jaringan pada pankreas yang akan menyuplai kebutuhan insulin untuk mengontrol gula darah.

– Vitamin B dan C yang ada pada buah melon memiliki efek untuk menghindari terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.