Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil
in Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil

Penyakit diabetes dapat menyerang kepada siapa saja tanpa terkecuali terlebih untuk para ibu yang sedang mengandung, maka akan lebih berisiko terkena penyakit diabetes, hal ini terjadi karena pada saat itu hamil, mereka mengalami kenaikan berat badan yang sangat besar, dari berat badan inilah penyakit kencing manis tersebut sering muncul.

Penyakit gula darah pada ibu hamil sering disebut dengan diabetes gestasional. Penyakit gula ini memang sangat wajar menimpa oleh para ibu, walaupun sudah biasa akan tetapi Anda jangan mencoba menyepelekan penyakit diabetes ini.

Karena bisa menimbulkan komplikasi berupa penyakit jantung, selain itu yang lebih parah lagi akan menyebabkan calon buah hati akan lahir dengan membawa penyakit diabetes.

Untuk mengetahui ibunda mengandung terkena penyakit diabetes gestasional atau tidak biasanya dilakukan dengan cara cek kadar gula dalam darah, pemeriksaan tersebut berlangsung pada 2 tahap yakni pada saat berpuasa dan tidak berpuasa, kadar gula dalam darah ibu pada saat puasa normalnya mencapai 100 mg/di.

Sedangkan untuk kadar gula dalam darah saat ibu tidak berpuasa sebesar 140 mg/dl, jika Anda memiliki kadar gula darah melebihi batas tersebut, maka bisa dipastikan Anda mengalami penyakit diabetes gestasional.

Untuk wanita hamil, terutama untuk usia kandungan yang berada diatas 6 bulan, maka tingkat gula darah yang ada didalam darah biasanya akan mengalami peningkatan yang tinggi dari batas normalnya. Dan sebagian orang yang beranggapan mengenai situasi yang alami terjadi pada ibu hamil.

Meskipun kadar glukosa tidak akan kembali menjadi normal lagi setelah melahirkan, namun gejala diabetes gestasional pada Ibu Hamil harus mendapatkan penanganan yang baik. Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka ibu hamil akan beresiko besar dalam memperparah kondisi dari penyakit diabetes tipe 2 setela selama beberapa tahun pasca kehamilan berlangsung.

Gejala diabetes gestasional pada ibu hamil dan penyebabnya adalah karena insulin yang tidak bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Hormon dari kehamilan yang bisa menghambat dan menghalangi insulin untuk menjalankan tugasnya.

Hal ini berakibat dari kadar gula darah yang semakin tinggi. Penyebab dari gejala diabetes gestasional pada ibu hamil ini mirip dengan penyakit diabetes melitus tipe 2. Oleh sebab itulah, penyakit diabetes gestasional ini adalah sub tipe dari penyakit diabetes tipe 2.

Gejala diabetes gestasional pada ibu hamil yang biasanya terjadi adalah:

– Mual dan muntah

– Mengalami kelelahan

– Pandangan menjadi kabur

– Sering mengalami buang air kecil

– Sering mengalami infeksi disaat sedang mengalami luka, kulit dan juga vagina

– Penurunan berat badan meskpun nafsu makan mengalami peningkatan

Biasanya penyakit diabetes gestasional memang tidak pernah menunjukkan gejala apapun, sehingga harus melakukan pemeriksaan tes, dan juga screening untuk semua wanita hamil agar melakukan deteksi pada penyakit ini. Penyakit diabetes melitus yang terjadi di masa kehamilan baisanya terjadi sekitar 2-5% dari semua kasus kehamilan.

Dan untuk penyakit ini biasanya bersifat sementara dan akan mengalami peningkatan atau bahkan menghilangkan pasca melahirkan. Penyakit ini bisa disembuhkan, namun hal yang paling penting dilakukan adalah membutuhkan pengawasan medis yang cocok dan tepat selama masa kehamilan berlangsung.

Namun walaupun penyakit diabetes melitus gestasional ini sifatnya adalah sementara, jika tidak mendapatkan penanganan dengan baik maka akan membahayakan kesehatan janin dan juga i sibu.

Resiko yang bisa saja terjadi adalah makrosomia atau berat badan bayi yang berlebihan, penyakit jantung bawaan, mengalami kelainana pada sistem saraf pusat, dan juga mengalami cacat otot rangka. Peningkatan dari hormon insulin janin biasanya akan membantu dalam menghambat produksi dari subfaktan janin dan bisa menyebabkan terjadinya sindrom gangguan pada pernapasan.