Apa Bisa Sakit Maag Waktu Hamil Muda?
in Penyakit Maag

Apa Bisa Sakit Maag Waktu Hamil Muda?

Banyak wanita hamil menderita nyeri pada ulu hati karena sakit maag, hal ini menjadi peringatan dan perhatian karena hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa obat yang digunakan untuk menekan timbulnya asam lambung yang dikonsumsi ibu hamil ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya asma pada bayi.

Maka dari itu, kita dibutuhkan solusi pengobatan yang benar-benar aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin.

Penyebab Penyakit Maag Pada Waktu Hamil Muda

Berikut adalah penyebab penyakit maag yang harus diwaspadai oleh ibu hamil, antara lain:

  1. Produk olahan susu yang tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.

  1. Daging berlemak

Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.

  1. Kafein

Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh.

  1. Makanan yang digoreng

Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati.

  1. Minuman beralkohol

Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Gejala Penyakit Maag Waktu Hamil Muda

Inilah gejala penyakit maag yang harus diketahui oleh ibu hamil, antara lain:

  1. Leher Terasa Panas

Gejala penyakit maag yang jarang diketahui adalah leher terasa panas. Rasa panas pada perut akan menjalar pada leher, hal itu dikarenakan leher dan perut memiliki syaraf yang sama.

Saat perut merasakan panas leher juga akan terasa panas. Tidak hanya leher saja yang mengalami panas namun bagian punggung pun juga mengalami rasa panas.

  1. Mual

Ciri umum dari maag adalah timbulnya rasa mual. Mual ini merupakan ciri yang akan dialami oleh penderita maag akut maupun penderita maag kronis. Penyebabnya adalah tukak lambung yang dimiliki oleh penderita maag.

Tukak lambung adalah luka yang bisa muncul di dinding lambung diakibatkan oleh pengikisan lapisan dinding lambung. Kebanyakan orang yang terkena maag memliki tukak lambung sehingga dia akan merasakan mual.

  1. Muntah

Gejala umum lainnya dari penyakit maag adalah muntah. Muntah itu disebabkan oleh adanya luka yang ada di lambung. Tidak hanya itu saja kondisi asam lambung meningkat akan memperparah kondisi muntah tersbeut.

Zat asam yang ada di lambung bisa bersentuhan dengan tukak lambung tersebut sehingga penderita akan merasakan muntah terus menerus. Bagi yang belum menderita maag sebaiknya menjaga kesehatan lambung dan usus agar terhindar dari tukak tersebut.

  1. Nyeri

Rasa nyeri pada perut atau lambung. Gejala ini akan muncul ketika penderita maag sehabis mengkonsumsi makanan. Memang orang yang baru memiliki penyakit maag dia akan merasakan nyeri saat memakan makanan pantangan bagi penderita maag misalnya saja adalah makanan pedas, berminyak, berkafein dan lain sebagainya.

Namun pada penderita maag yang lebih parah dari maag ringan nyeri itu akan langsung muncul ketika memakan makanan meskipun itu bukanlah makanan yang menjadi pantangan bagi sakit maag.

  1. Perut Terasa Panas

Gejala umum lainnya dari sakit maag adalah timbulnya rasa panas pada perut. Orang yang merasakan panas pada bagian perutnya bisa jadi itu tanda dari sakit maag. Rasa panas itu terjadi ketika dinding lambung bagian dalam yang mengalami luka bergesekan dengan makanan yang telah kita makan.

Perut terasa panas akan terjadi dua atau tiga jam setelah anda memakan makanan. Anda yang memiliki maag juga harus waspada bahaya asam lambung naik. Hal itu dikarenakan perut yang terasa panas bisa menjadi tanda bahwa asam lambung sedang naik.